Kunjungan BUiLD Project, UBAYA Sinergikan Sumber Daya Kampus Untuk Tanggap Bencana

Kunjungan BUiLD Project, UBAYA Sinergikan Sumber Daya Kampus Untuk Tanggap Bencana

Tim BUiLD Project (Building Universities in Leading Disaster Resilience) memberikan kepercayaan kepada UBAYA dalam terciptanya Center of Disaster Management UBAYA. Tentu hal ini memberikan kesempatan dan komitmen kepada UBAYA untuk memberi kontribusi di kancah internasional dan menjadi salah satu dari 12 kampus skala internasional yang bergabung dalam BUiLD Project ini. BUiLD sendiri adalah project besutan Konsorsium Erasmus+ yang bertujuan untuk membangun kapasitas ketahanan bencana dalam sektor pendidikan tinggi (PT) Indonesia.

Kamis, 13 Oktober 2022, UBAYA menyambut tim BUiLD yakni Dr. Paul Schober (Hafelekar, Austria), serta Nadine Sulkowski, B.Sc., M.Sc., PGCHE, FHEA. (Koordinator BUiLD Project dari University of Gloucestershire Inggris) dalam rangka pengembangan Center of Disaster Management UBAYA sehingga dapat tangguh dalam menghadapi bencana. Acara yang dilaksanakan di Seminar Room Gedung Hubungan Internasional ini dihadiri oleh perwakilan pimpinan universitas, serta tim BUiLD UBAYA yang di mana dosen Magister Teknik Industri UBAYA juga ikut terlibat, yakni Prof. Ir. Joniarto Parung M.M.B.A.T., Ph.D., IPU, Dr. Dra. Amelia Santoso, M.T., dan Dr. Dina Natalia Prayogo, S.T., M.Sc.

“Terima kasih banyak, sambutan terhangat. Ini adalah salah satu embrio proyek kami,” ungkap Dr.rer.nat. Maria Goretti Marianti Purwanto, selaku Wakli Rektor I Ubaya. Nadine selaku Koordinator BUiLD Project juga mengungkapkan rasa terima kasih karena UBAYA mengundang stakeholder eksternal untuk pertemuan kali ini. Beliau pun menjelaskan bahwa rasa syukurnya setelah 3 tahun pandemi dan dapat bertemu secara langsung. “Kami mengapresiasi bahwa setiap partner yang terlibat dalam Center of Disaster Management UBAYA membawa keunikan masing-masing,” imbuh Nadine.

Prof. Joni selaku ketua BUiLD Project UBAYA mengungkapkan bahwa ini adalah upaya pemanfaatan sumber daya dalam kampus. “Kita tahu di kampus banyak sekali sumber daya yang jikalau terintegrasi bisa memberi banyak bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana,” ungkap Prof. Joni. Menurutnya, sumber daya kampus juga bisa membantu pemerintah dalam supaya bisa tangguh menghadapi bencana. “Kita ingin melibatkan seluruh warga kampus, supaya peduli terhadap bencana dan peduli mempersiapkan diri menghadapi bencana,” tutup Prof. Joni.

Sumber asli: https://ubaya.ac.id/2018/content/news_detail/3926/Kunjungan-BUiLD-Project–Ubaya-Sinergikan-Sumber-Daya-Kampus-untuk-Tanggap-Bencana.html

Posted in Berita.