Teknik Industri UBAYA menjadi Tuan Rumah ISLI Camp 2022

Teknik Industri UBAYA menjadi Tuan Rumah ISLI Camp 2022

Program Studi Teknik Industri UBAYA mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah acara ISLI Camp 2022. Bekerja sama dengan Institut Supply Chain dan Logistik Indonesia (ISLI), acara ini diselenggarakan di Ubaya Training Center (UTC), Trawas pada 19-21 September 2022. ISLI Camp merupakan agenda rutin tahunan dari ISLI, yaitu perkumpulan para akademisi, peneliti, maupun praktisi yang memiliki ketertarikan pada pengembangan keilmuan dan inovasi pada ilmu supply chain dan logistik. Tantangan yang terus berlanjut pada produksi pangan dari segi kualitas, teknologi, dan kesehatan perlu pengelolaan yang serius dan kompleks, sehingga Teknik Industri UBAYA dan ISLI menggandeng  PT Berkat Pangan Abadi, PT Trimitra Trans Persada (B-Log), dan Universitas Padjajaran untuk bersama membagikan wawasan penanganan food supply chain untuk produk pertanian yang menjadi tema ISLI Camp 2022, yaitu “Food Supply Chain: Rethinking and Creating Resilience for Agricultural Products”.

 

Acara ISLI Camp dihadiri oleh 111 peserta yang terdiri dari 46 dosen dan 55 mahasiswa dari 15 institusi yang ada di Indonesia dengan rangkaian acara seminar, field trip dan lomba studi kasus field trip. Hari pertama peserta diajak berkeliling di Museum Pawitra untuk mengenalkan UPC (Ubaya Penanggungan Center) dan situs peninggalan Gunung Penanggungan oleh Prof. Ir. Joniarto Parung, M.M.B.A.T., Ph.D., IPU dari Departemen Teknik Industri Universitas Surabaya.  Acara dilanjutkan dengan sesi seminar 1 yaitu penyampaian materi oleh Bapak Alan Karyono selaku perwakilan PT. Berkat Pangan Abadi terkait pengurangan food waste yang sedang dilakukan oleh PT. Berkat Pangan Abadi dengan memproduksi makanan olahan nusantara yang dikemas dengan teknologi tinggi sehingga memungkinkan untuk tidak busuk dalam waktu lama tanpa pengawet. Pemaparan dilanjutkan oleh Bapak Tomy Perdana dari Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Padjajaran terkait perubahan sistem rantai pasok selama pra-pandemi dan post pandemi. Penyampaian materi seminar pada sesi 2 semakin dalam oleh Profesor Joniarto Parung terkait perkembangan teknologi dalam sistem rantai pasok, dilanjutkan dengan materi yang dibawakan Bapak Gerry Ardian dan Bapak Zaratul Khairi selaku General Manager dari PT. B-Log yang menceritakan bagaimana tantangan dalam dunia logistik untuk perishable product.

Antusias peserta semakin meningkat dimana hari kedua peserta di ajak untuk field trip ke desa Duyung, Kesiman, dan Selotapak untuk langsung mengenali rantai pasok pada produksi pertanian dan memahami permasalahan yang ada. Tidak berhenti sampai disitu, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan berlomba untuk memberikan inovasi solusi untuk permasalahan rantai pasok yang dihadapi di desa-desa tersebut. Penilaian dilakukan oleh 3 juri yang profesional dalam bidang rantai pasok dan mengajak para peserta untuk menggali dan berpikir kritis untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Apresiasi tentu patut diberikan untuk menghargai inovasi terbaik sekaligus menutup hari kedua ISLI Camp 2022.

Posted in Berita and tagged , , , .